Friday, November 26, 2010

Ensiklopedia Perkembangan Bayi

Judul Asli: I'm A Mom, Now What? 
                (Diterbitkan oleh Dorling Kindersley)
Penulis: Dr. Su Laurent 
            (Konsultan Pediatri)
Penerbit: Esensi
Jumlah Halaman: 312 halm
Harga: Rp. 188.000,- 
           (diskon 15% dari harga aslinya, jika beli disini)





Sebagai seseorang yang masih awam dengan dunia maternal, pada awalnya saya hanya mengandalkan buku Human Development yang tidak lain adalah buku kuliah saya. Buku ini sangat membantu saya dalam memahami perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial manusia, khususnya pada masa infancy, karena topik inilah yang sedang saya cari. Namun, seperti layaknya buku pedoman kuliah, isinya sarat dengan hasil penelitian dan pada beberapa bagian terlihat kurang kontekstual dan terlalu abstrak.

Bagi saya pribadi, Ensiklopedia Perkembangan Bayi hadir untuk melengkapi dan memperbaiki kekurangan pada buku diatas. Secara umum, Ensiklopedia Perkembangan Bayi dibagi kedalam dua bagian besar, yakni Tahun Pertama dan Tahun Kedua. Tiap bagian dibagi lagi kedalam subbagian berdasar usia per-tiga bulan. Dalam tiap subbagian, Dr. Su Laurent menjelaskan perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial bayi dengan bahasa yang menarik dan lebih mudah dimengerti. Sebagai seorang konsultan Pediatri, ia tidak terlalu terpaku hanya menyampaikan hal-hal penting berkenaan dengan perkembangan si buah hati, namun justru banyak memberikan tips-tips sederhana dan justru disinilah nilai kontekstual isi buku ini. Kita dapat mengetahui lebih jauh mengenai bahaya Sudden Infancy Death Syndrome (SIDS) dan grafik perkembangan bayi yang membuat kita lebih aware terhadap perkembangan bayi kita, namun juga kita dapat menemukan tips-tips seputar membeli keperluan bayi, cara memilih stroller, dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengajak si kecil jalan-jalan!

Tidak ada orang tua yang sempurna, dan pada kenyataannya, baik sang bayi dan orang tua justru sedang sama-sama belajar. Hal inilah yang disampaikan buku ini. Dr. Su menganjurkan pendekatan yang rileks dalam merawat si kecil. Ada satu kutipan yang membuat saya tertawa sendiri, yakni:
"Kembar tiga saya tidak pernah kehilangan kaus kaki dan selalu memakai baju yang putih cemerlang. Mungkin inilah sebabnya saya begitu stress selama setahun pertama itu!"
Saya sadar bahwa akan sulit sekali untuk menjaga agar segala sesuatu selalu sempurna dalam tahun pertama itu, dan ternyata, it is REALLY okay if you're not good at maintain everything, as long as you and your baby  are happy and healthy.

Buku yang sangat praktikal ini sangat berguna terutama bagi mereka yang baru memiliki anak pertama, dimana biasanya perubahan-perubahan yang sebenarnya normal menjadi biang kekhawatiran. Saya pribadi lebih suka membacanya per subbagian dimana usia anak saya berada, karena apa yang saya baca bisa langsung mengena dan dapat langsung saya terapkan. Dengan membaca buku ini, diharapkan baik ibu dan ayah dapat lebih rileks dalam menghantarkan si kecil di dua tahun pertamanya, sehingga si kecil dapat tumbuh dengan sehat dan bahagia secara optimal.

family

No comments:

Post a Comment